Jika Anda adalah guru Seni, Budaya dan Keterampilan, cobalah melakukan assesment untuk kebutuhan training Anda. Seperti diketahui, jika Anda membutuhkan pemutakhiran sertifikasi,nda harus mengikuti Ujian Kompetensi Guru SBK. Untuk mengetahui apakah Anda siap mengikuti ujian tersebut, cobalah mengisi asessment dibawah ini.
Caranya mudah. Beri tanda silang pada angka disebelah kiri pernyataan TINGKAT PENILAIAN dan TINGKAT KEBUTUHAN, lalu kalikan kedua angka tersebut, dan tuliskan pada kolom SKOR KEBUTUHAN, kemudian hitunglah persentasi nya, seperti contoh dibawah ini.
CARA PENGISIAN SKOR KEBUTUHAN
No.
|
STANDARD KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TINGKAT PENILAIAN
|
TINGKAT KEBUTUHAN
|
SKOR KEBUTUHAN
| |||
KL. VII SEMESTER 1
| ||||||||
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1.
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
|
9
(3 x 3 = 9)
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
|
INSTRUMEN TRAINING NEED ASSESSMENT
UNTUK GURU SENIRUPA DI SATUAN PENDIDIKAN SMP
No.
|
STANDARD KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TINGKAT PENILAIAN
|
TINGKAT KEBUTUHAN
|
SKOR KEBUTUHAN
| |||
KL. VII SEMESTER 1
| ||||||||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1.
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
1.2.
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
2.1.
|
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
2.2.
|
Merancang karya seni rupa dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
2.3.
|
Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
KL VII SEMESTER 2
| ||||||||
3.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
3.1.
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
3.2.
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
4.1.
|
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
4.2.
|
Membuat karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
4.3.
|
Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
4.4.
|
Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
KL VIII SEMESTER 1
| ||||||||
5.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
5.1.
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
5.2.
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
6.3.
|
Merancang desain motif tekstil dengan corak seni rupa Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
6.4.
|
Membuat desain motif tekstil dengan corak seni rupa Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
6.5.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dengan menampilkan corak seni rupa Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
KL VIII SEMESTER 2
| ||||||||
7.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
7.1.
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
7.2.
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
8.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
8.1.
|
Membuat karya seni grafis dengan corak seni rupa Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
8.2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni grafis
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
8.3.
|
Membuat karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
8.4.
|
Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
KL IX SEMESTER 1
| ||||||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1.
|
Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
9.2.
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
10.1.
|
Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
10.2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
KL IX SEMESTER 2
| ||||||||
11.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
11.1.
|
Mengidentifikasi karya seni murni yang diciptakan di Indonesia
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
11.2.
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni murni Indonesia
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
12.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
12.1.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
12.2.
|
Membuat karya seni rupa kreasi sendiri untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
12.3.
|
Menata karya seni rupa kreasi sendiri dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.
|
1
|
Sangat Mampu
|
1
|
Tidak Dibutuhkan
| |||
2
|
Sebagian
|
2
|
Dibutuhkan
| |||||
3
|
Sedikit
|
3
|
Sangat Dibutuhkan
| |||||
4
|
Tidak Mampu
| |||||||
Jumlah Skor Kebutuhan
| ||||||||
Persentasi Kebutuhan: (SKOR TOTAL/ 372 X 100)
|
%
|
silakan mencoba ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar